Diskusi Terpumpun “Pendidikan Transformatif”

Unmuhbarru.ac.id, Barru – Salah satu aspek pedagogi terkait dengan transformasi. Untuk itu, mengenali instrumen perubahan dalam pendidikan menjadi bagian yang perlu untuk diterokai. Maka, dilaksanakan aktivitas “Diskusi Terpumpun Pendidikan Transformatif”.

Pedagogik transformatif adalah pendekatan pembelajaran yang tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan, tetapi juga bertujuan memberi pengalaman belajar dalam cara berpikir, perspektif, dan tindakan peserta didik secara mendasar. Melalui dialog yang kritis, refleksi mendalam, dan pemecahan masalah berbasis realitas, pendekatan ini mendorong peserta didik untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri dan menghubungkannya dengan konteks kehidupan nyata. Dengan demikian, pedagogik transformatif diharapkan dapat menghasilkan individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki kesadaran sosial dan mampu berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Ingin contoh yang lebih spesifik? Misalnya, dalam pelajaran sejarah, guru dapat mengajak siswa untuk menganalisis peristiwa masa lalu dan menghubungkannya dengan isu-isu kontemporer. Siswa tidak hanya menghafal tanggal dan nama, tetapi juga diajak untuk berpikir kritis tentang sebab-akibat, serta nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa tersebut. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, empati, dan kesadaran akan keberagaman.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2025 agenda.unmuhbarru.ac.id